--> Skip to main content

Jangan Bangga Dengan Kecantikan Fisik Semata

Jangan sampai kita merasa bangga dengan kecantikan fisik semata, sehingga kita dikejar jutaan lelaki. Karena itu bukanlah kemuliaan bagi kita.

Jika kita berasa bangga, itu sama artinya menyamakan diri kita dengan pasir di pantai. Yang boleh dipijak dan dimiliki siapa saja. Cobalah untuk membaca cerpen tentang nasehat hati dan jiwa dalam kehidupan manusia, agar hati dan jiwa kita bisa memilih keputusan terbaik.

Maka dari itu, mulai sekarang muliakanlah diri kita dengan iman dan taqwa. Sebanding mutiara Zabarjad, yang hanya dimiliki para penghuni syurga.

Apa gunanya membanggakan kecantikan fisik semata?

Jika kita bangga hanya dengan wajah cantik yang kita miliki. Apakah tidak khawatir, seumpama tanpa sengaja kecantikan itu tersiram air panas. Sehingga menjadikan kita merasa putus asa, karena hilangnya wajah cantik itu.

Jika kita bangga hanya dengan tubuh indah yang kita miliki. Apakah tidak berfikir, bahwa suatu saat nanti tubuh yang saat ini indah, akan dikubur didalam tanah.

Bukankah semua itu jika tidak dijaga, dapat menimbulkan fitnah?

Bukankah semua itu jika tidak ditutupi dengan pakaian syar'i, akan menimbulkan banyak mudharat?

Jangan terlalu bangga dengan kecantikan

Akan tetapi, sangat disayangkan jika kita tak bisa menutupinya sesuai anjuran agama. Apalagi jika akhlak belumlah seindah fisik kita. Na'udzubillah.

Keindahan bukan untuk dipamerkan, namun keindahan itu untuk dijaga dan dilindungi dari sesuatu yang dapat menimbulkan fitnah.

  • Wanita akan terlihat cantik dengan jilbabnya, bukan rambutnya yang terurai panjang.
  • Seorang perempuan pasti tampak anggun dengan busana syar'inya, bukan dengan hotpants ataupun rok mininya.
  • Kita akan lebih berwibawa sebab akhlak mulia dan inner beauty, bukan karena kesombongan saat berlenggok-lenggok berjalan.
  • Wanita akan muncul ketawadhu'an-nya, saat ia menundukkan kepala untuk menjaga pandangannya dari lelaki yang bukan mahramnya, bukan sebab ucapannya yang manis.

Jangan bangga akan kecantikan wajahmu

Jangan hanya memperhatikan kecantikan fisik semata, tanpa memperhatikan kecantikan bathiniah. Ketika kita menemukan cara menjaga kecantikan wajah, cobalah juga mencari cara untuk menumbuhkan kecantikan dari dalam.

Wahai saudariku, cantiklah karena akhlak baikmu. Bukan karena cantik fisikmu semata.

Wahai saudariku, matahari tidak kehilangan keindahannya saat tertutupi oleh awan. Begitu juga kecantikanmu yang tak akan luntur ketika kamu berhijab.

Wahai saudariku, jika kita merasa cantik, perhatikan dan jadikanlah pegangan empat hal ini. Agar kecantikan yang kita miliki tidak sia-sia begitu saja.

  1. Tidak banyak menuntut.
  2. Jangan merendahkan suami.
  3. Hindari haus pujian dan pengakuan.
  4. Tidak mudah tergoda pria lain.

Cantik tidaklah salah, karena kecantikan adalah anugerah. Tapi sangatlah tidak pantas, jika anugerah itu berubah menjadi hina karena ketinggian hati kita. Mewujudkan inner beauty akan lebih utama daripada fisik semata. Wallaahu a'lam, salam hangat dari Zuwaj.

Baca juga: Manfaat buah naga untuk kecantikan dan kesehatan.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum berkomentar.
Buka Komentar